4 Ide Keren Liburan Bersama Keluarga yang Seru

Liburan bersama keluarga itu menyenangkan. Apalagi kalau bersama keluarga besar. Pasti rame dan seru banget. Suasana bakal riuh redam kayak di pasar. Tapi bikin fun gitu.

Cuma, kendala yang biasa terjadi saat mau traveling bareng rombongan adalah urusan armada yang mau ngangkut semua keluarga. Repot kalau masing-masing punya keinginan sendiri. Padahal akan lebih ringkes kalau perginya pake satu unit yang gedhe gitu aja.

Yah, meski kadang pake konsep touring itu menyenangkan sih. Tapi ada baiknya kalau kita pake jasa sewa bus pariwisata saja. Lebih aman pastinya. Ya, Gaes ya.

Sewa Bus Pariwisata untuk Liburan Bareng Keluarga
Sewa Bus Pariwisata untuk Liburan Bersama Keluarga Credit to buspariwisatajakarta.co.id/

Pilihan Ide Liburan Bersama Keluarga

Ngomongin traveling keluarga itu nggak lepas sama tetek bengek urusan persiapannya. Mulai dari rencana sampai tujuan perjalanannya akan kita diskusikan bareng keluarga besar.

Hal ini tuh membuat hubungan kekerabatan dan keakraban dengan keluarga semakin erat. Iya ‘kan?

Aku ada beberapa ide pilihan untuk liburan bareng keluarga. Kita bisa pilih salah satu yang pas dan sesuai dengan kehendak hati dan kantong tentunya.

Bacaan Menarik Lainnya:

1. Staycation

Pertama kita bisa pilih staycation. Sebenarnya ini karena istilah staycation lagi ramai aja sih belakangan ini. Keluarga yang biasanya sibuk dengan urusan masing-masing. Dengan staycation bakal meninggalkan urusannya sejenak untuk fokus pada kesenangan keluarga.

Secara teknis, kalau seandainya pergi cuma bersama keluarga inti saja. Misal kayak ibu-bapak dan anak. Maka kita bisa pilih hotel-hotel yang ramah anak. Menikmati segala fasilitasnya dan quality time.

Sementara kalau perginya bareng rombongan besar. Mending cari vila yang sekalian menyediakan fasilitas outbondnya juga. Jadi bisa sekalian bikin games yang seru dan bikin keluarga makin akrab.

2. Glamping

Ada yang pingin kemping bareng keluarga? Semacam bermalam di tenda lalu menikmati api unggun bersama ketika malam tiba gitu. Tapi, males ribet sama urusan perlengkapannya.

Itu persoalan mudah, Gaes. Kita bisa mencoba liburan bertemakan glamping saja. Atau glamorous camping.

Konsepnya samalah dengan kemping. Kita bisa menginap di tenda bersama keluarga tapi dengan fasilitas yang lengkap. Kayak kita menginap di hotel gitu deh.

Apalagi ada beberapa area glamping yang menyediakan area buat outbond. Pasti bikin liburan bareng keluarga jadi makin seru dan rame.

Belum lagi, lokasi glamping ini biasanya berada di daerah pegunungan. Kayak daerah Bandung atau Puncak, Bogor. Tau sendiri ‘kan? Udara di sana tu sejuk banget. Cocok banget buat liburan singkat gitu deh.

Untuk yang tinggal di daerah Jakarta, kita bisa sewa bus Jakarta buat angkutannya.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Trekking

Selanjutnya ada liburan bareng keluarga versi trekking. Menikmati alam terbuka. Hal ini baik juga kok untuk anak-anak. Cuma, kita harus selektif dalam memilih jalur treknya. Jangan sampai membahayakan untuk anggota keluarga yang ikut berlibur.

Ketika yang ikut hanya ada orang-orang dewasa. Maka kita bisa pilih jalur yang menantang adrenalin. Semisal, kayak jalur yang melewati sungai atau pilih jalur yang menyusuri jalan berbatu gitu.

Sedangkan kalau ada anak-anak yang ikut. Kita bisa pilih jalur trek yang lebih aman. Bisa dengan menyusuri pematang sawah atau jalan setapak.

Jarak tempuhnya ya kita sesuaikan dengan kemampuan para pesertanya. Nggak perlu yang terlalu jauh. Yang penting adalah kebersamaannya.

4. Mengunjungi Museum

Liburan bersama keluarga yang lain juga bisa dengan mengunjungi museum. Kita bisa menemukan museum hampir di seluruh kota yang ada di Indonesia.

Museum ini bukan hanya sekedar tujuan wisata saja. Kita bisa mempelajari sejarah dari setiap cerita dan barang-barang yang tersimpan di sana. Bisa berupa barang seni kuno ataupun kontemporer.

Memang sih, beberapa orang akan merasa bosan saat mendatangi museum. Tapi saat berkunjung bersama yang mana kita bisa saling berbincang. Maka, rasanya akan lebih menyenangkan deh. Coba saja!

Gimana menurut kalian? Mau pilih ide liburan bersama keluarga yang mana nih? Kalau aku sih pinginnya glamping sama trekking bareng keluarga. Kayaknya seru banget. Selamat berlibur.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.