3 Sumber Uang Tambahan yang Bisa Kita Lakukan

Meski kita sudah punya pekerjaan dan penghasilan tetap, kadang masih saja lho kita berpikir untuk mencari sumber uang tambahan. Benar nggak?

Bukannya nggak boleh. Malah menurutku pemikiran seperti itu adalah hal yang wajar. Apalagi kalau melihat semua kebutuhan yang mesti kita penuhi. Belum lagi tambahan tabungan untuk dana darurat yang harus kita persiapkan dengan baik.

Adanya penghasilan tambahan jelas sangat membantu kita untuk mengumpulkan dana darurat dengan cepat. Sehingga, semua financial goals yang kita susun akan lebih mudah dan cepat tercapai.

3 Sumber Uang Tambahan yang Bisa Kita Dapatkan

1. Ikutan Lomba atau Survei Berhadiah

Lomba tuh butuh kreativitas dan keberanian. Makanya, banyak banget lomba yang hadiahnya uang tunai.

Kalau pun bukan uang, pasti hadiahnya setara dengan uang. Misalnya voucher belanja. Atau kalau nggak, barang-barang yang memang kita butuhkan, seperti handphone, laptop dan lain-lain.

Bukankah mengikuti lomba bisa mengasah kreativitas kita. Sekalian menjadi salah satu sumber uang tambahan.

Selanjutnya ada survei yang berbayar. Kita bisa menjadi partisipan untuk mendapatkan uang tambahan.

2. Lakukan Hobi dan Jual Produknya

Hobi Adalah Sumber Uang Tambahan

Teman-teman pasti sudah mengetahui bahwa ada beberapa hobi yang ternyata bisa mendapatkan bayaran. Kayak menulis, fotografi, bikin konten dan lain-lain.

Misalnya hobi menulis. Kita bisa menulis di blog atau menulis di platform menulis. Lalu banyak pengunjung yang membaca tulisan kita di blog atau platform tersebut. Hal ini memungkinkan kita mendapatkan uang lho. Baik dari iklan atau endorsement.

Atau hobi fotografi deh. Kita bisa memotret objek yang menarik perhatian. Lalu menjual hasil karyanya ke situs-situs penyedia foto.

3. Manfaatkan Kendaraan Pribadi

Sekarang ‘kan sudah jamannya semua serba online. Belanja online, beli makanan online sampai ada transportasi online.

Kita bisa lho memanfaatkan kendaraan pribadi sebagai sumber uang tambahan. Dengan cara menjadi driver online. Kalau sudah mikirnya cuan. Yakin deh! Urusan gensi bakalan pergi.

Atau kalau misalkan nggak mau jadi driver online. Tapi kendaraan pribadi kita jarang terpakai. Kita tetap bisa dapat uang tambahan kok. Dengan cara menyewakan kendaraan kita ke orang-orang yang membutuhkan.

Lumayanlah. Bisa untuk ratusan ribu sampai jutaan lho. Iya nggak?

4. Memulai Bisnis Rumahan

Terakhir nih. Kita bisa membuat bisnis rumahan. Misalnya, jual pulsa atau token listrik, buat catering atau usaha laundry.

Kita bisa langsung promosikan melalui mulut ke mulut atau memanfaatkan media sosial. Yakin deh. Kalau promosinya tepat, maka ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang gedhe banget.

Pilih Sumber Uang Tambahan yang Mana Nih?

Gimana, Gaes? Masih pusing buat cari uang tambahan? Pasti udah nggak dong ya!

Kita bisa pilih salah satu atau semua sumber penghasilan tambahan di atas. Dengan catatan punya bekal untuk masing-masingnya ya.

Semoga bermanfaat.

9 pemikiran pada “3 Sumber Uang Tambahan yang Bisa Kita Lakukan”

  1. Jika diminta memilih dari opsi-opsi tersebut, sepertinya aku akan memilih cari uang tambahan dr hobi menulis alias ngeblog, karena itulah yg sudah kulakukan selama ini.hehe..

    Balas
  2. Nomor 1 itu aku bangettttt. Hahahaha. Kalau pede sama materi lombanya, langsung ikutan dan alhamdulillah beberapa kali menang. Apapun bisa menjadi peluang kita mendapat passive income. Asalkan kita pandai-pandai memilih jalan dan melakukan hal yang memang benar kita bisa atau kita mau belajar menguasainya.

    Balas
  3. Wah sepertinya aku memilih untuk mencari tambahan penghasilan dari menulis saja, karena memang hobi dan akan nyaman banget digeluti walau ada pekerjaan utama ya. Namun kalau hobi pasti akan senang” aja jika dilakukan.

    Balas
  4. Biasanya kalau ikut lomba gak pernah diniatkan untuk mendapat hadiahnya, malah menang. Tapi kalau pas bener-bener niat, malah zonk.. Hehhe.. jadi aku jarang banget mengandalkan yang satu itu..
    Cari tambahan pendapatan dari menulis blog, iya.. terutama tawaran paid post. Selama itu nyambung sama niche blogku, aku mauu..

    Balas
  5. Hhha aku juga semenjak memutuskan menjadi seorang fulltime blogger, segala aktivitas dan apapun yang kulakukan serta kerjakan harus menghasilkan cuan. Jadi semua barang, kesempatan, dan peluang selalu aku manfaatkan menjadi sesuatu yang bisa produktif menghasilkan sesuatu :d

    Balas
  6. Sedang melakukan semuanya, alhamdulillah. Masih skala UMKM, tapi sudah terbukti bisa diandalkan untuk membantu kebutuhan mendasar keluarga.
    Mudah-mudahan semakin banyak ibu rumah tangga yang berkesempatan menjalankan usaha sesuai hobi mereka, dilakukan di rumah saja, namun tetap memberikan penghasilan berkala. Aamiin

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.