Wujudkan Hunian Tropis Menyejukkan dengan 7 Tips Berikut

Hunian tropis bisa menjadi salah satu pilihan yang patut kita pertimbangkan jika ingin melakukan renovasi dan mewujudkan suasana baru di rumah. Untuk mewujudkan rumah bergaya tropis, terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan, salah satunya yaitu modal renovasi. Pinjaman bunga rendah bisa menjadi solusi untukmu yang membutuhkan dana tambahan.

Sebagai persiapan sebelum melakukan renovasi, tips-tips mewujudkan suasana rumah dengan konsep tropis akan dibahas di bawah ini.

7 Tips Mewujudkan Rumah Bergaya Tropis

Konsep tropis merupakan sebuah konsep yang dirancang khusus untuk bisa bertahan di lingkungan yang memiliki iklim tropis. Dengan begitu, konsep ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia.

Iklim tropis cenderung dekat dengan suasana yang lembab. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pada rumah yang mengaplikasikan konsep tropis, umumnya akan dibuat banyak ventilasi.

Tidak hanya itu, beberapa tips lain yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin mewujudkan hunian bergaya tropis antara lain ialah sebagai berikut.

1. Memilih Material dengan Tepat

Ketika ingin melakukan renovasi rumah dengan konsep tertentu, salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan yaitu pemilihan materialnya. Agar bisa sesuai dengan konsep yang diinginkan, pastikan kamu memilih material yang tepat.

Pada konsep hunian tropis, ada beberapa jenis material yang bisa membantumu untuk mewujudkan hunian menyejukkan dan bisa menyerap panas berdasarkan penempatannya.

Sebagai contoh, untuk area atap, kamu bisa menggunakan material atap genteng tanah liat maupun atap sirap. Lalu, di area dalam ruang, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan material kayu. Untuk mendapatkan material terbaik, kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah.

2. Desain Plafon Tinggi

Banyak rumah saat ini yang cenderung menerapkan desain plafon pendek sehingga mengakibatkan hunian terasa panas. Sementara itu, idealnya dari hunian bergaya tropis agar bisa membuat suasana rumah lebih sejuk, yaitu ukuran plafonnya tidak kurang dari 2,75 meter.

Dengan ukuran ketinggian tersebut, rumah tropis jadi bisa memiliki sirkulasi udara yang baik. Tingginya plafon juga bisa membuat suhu panas di ruangan berkurang sehingga suasana di dalam rumah bisa lebih adem atau sejuk.

Untuk melakukan renovasi terhadap plafon, kamu bisa merencanakan dananya dengan mengajukan pinjaman bunga rendah.

3. Mengaplikasikan Ventilasi Silang

Tidak kalah penting dari tips sebelumnya, kamu juga bisa mengaplikasikan ventilasi silang untuk hunian berkonsep tropis. Ventilasi silang sendiri merupakan salah satu sistem ventilasi yang dibuat saling berhadapan di sebuah ruangan.

Tidak harus serupa, kamu juga bisa membuat ventilasi silang dari atas ke bawah maupun dari kiri ke kanan, alias tidak hanya posisi berhadapan saja. Dengan membuat ventilasi sistem silang, udara jadi bisa masuk dari sisi yang satu dan keluar melalui sisi yang lain.

4. Menanam Banyak Tanaman

Wujudkan hunian tropis

Menanam tanaman dan meletakkannya di berbagai sudut rumah juga bisa menjadi langkah untuk mewujudkan hunian dengan suasana tropis. Apabila kamu memiliki lahan yang cukup luas, kamu bisa membuat taman kecil yang berisikan tanaman hijau.

Beberapa jenis tanaman yang bisa kamu pilih untuk diletakkan di hunian tropis antara lain yaitu pohon kamboja, pohon palem, atau sekadar tanaman kecil layaknya bunga lili hingga lidah mertua.

Selain membuat taman, kamu juga bisa meletakkan berbagai jenis tanaman untuk dekorasi interior.

5. Mengaplikasikan Konsep Open Space

Konsep tropis juga bisa diwujudkan dengan membuat hunian open space. Selain bisa membuat cahaya alami masuk dengan mudah, open space juga bisa membuat hunian menjadi terlihat lebih luas. Sirkulasi udara juga bisa lebih baik dengan mengaplikasikan konsep terbuka ini.

6. Tambahkan Unsur Air

Untuk membuat konsep tropis semakin nyata, maka kamu bisa menghadirkan unsur air di sekitar hunian. Unsur air yang dimaksud ini bisa dalam bentuk kolam air mancur, kolam ikan, hingga kolam renang.

Ketika kamu ingin membuat kolam air mancur maupun kolam ikan, kamu bisa menggunakan material alami layaknya bebatuan alam untuk semakin memperkuat suasana tropis di rumah.

7. Menggunakan Warna-Warna Cerah

Untuk semakin memperkuat konsep tropis, kamu juga bisa mengaplikasikan warna-warna cerah. Beberapa pilihan pewarnaan yang bisa kamu gunakan untuk hunian tropis yaitu kuning, biru, oranye, hingga hijau.

Dengan menggunakan pewarnaan tersebut, rumah bisa terlihat lebih ceria dan juga sejuk. Pengaplikasian warna-warna ini bisa dilakukan pada cat ruangan hingga interior yang digunakan.

Kesimpulan

Rumah berkonsep tropis sangat menarik untuk dimiliki. Selain karena memang didesain khusus untuk wilayah beriklim tropis seperti di Indonesia, konsep ini juga banyak digemari karena menyejukkan.

Berdasarkan pembahasan di atas, beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hunian bergaya tropis antara lain yaitu memilih material dengan tepat, membuat desain plafon tinggi, mengaplikasikan ventilasi silang, menanam banyak tanaman, mengaplikasikan konsep open space, menambahkan unsur air, hingga menggunakan warna-warna cerah

Untuk bisa mewujudkan rumah impian berkonsep tropis, maka kamu bisa merencanakan pendanaannya dengan mengandalkan pinjaman bunga rendah. Adapun, satu rekomendasi terbaiknya adalah DBS KTA.

DBS KTA merupakan pinjaman yang bisa diandalkan untuk berbagai kepentingan, termasuk perombakan ulang hunian. Dengan DBS KTA, kamu bisa mendapatkan dukungan dana untuk kebutuhan renovasi, mulai dari pembelian material hingga furnitur baru yang mencirikan konsep tropis.

DBS KTA menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan untukmu. Kamu bisa mendapatkan pencairan dana pinjaman berlimit hingga Rp300 juta dengan bunga flat mulai dari 0.88% per bulan. Tidak cuma itu, kamu dapat melakukan cicilan sampai 36 bulan. Menarik, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Segera apply DBS KTA untuk melakukan perombakan hunian menjadi tropis! Untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang pinjaman bunga rendah ini, kamu bisa klik di sini!

Yuk baca artikel tentang gaya hidup lainnya!

Satu pemikiran pada “Wujudkan Hunian Tropis Menyejukkan dengan 7 Tips Berikut”

  1. konsep open space ini yang pengen aku terapkan dirumahku
    pengen keliatan minimalis maksudnya, cuman masih bingung sama printilannya
    rumah hunian tropis kalau diliat-liat fresh gitu, apalagi kalau banyak tanaman ijonya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.