6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar, Apa Saja?

Aku suka dengerin musik. Bagiku musik seperti media healing. Menenangkan dan membuatku lebih santai dan rileks. Kupikir kegiatan ini bisa Teman-teman lakukan saat belajar. Karena ada beberapa manfaat mendengarkan musik saat belajar lho.

Apalagi, aku pernah baca sebuah kutipan dari hopkinsmedicine.org tentang hasil sebuah penelitian. Katanya mendengarkan musik bisa mengurangi kecemasan, menurunkan rasa sakit, tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur dan kewaspadaan mental.

Cuma, pastikan saat mendengarkan musik kita harus memperhatikan lingkungan sekitar ya. Apakah kita lagi sendirian di kamar atau lagi bersama teman.

Kalau kita sedang sendirian, bolehlah kita mendengarkan musik tanpa earphone. Tapi kalau lagi bareng sama teman mending pake earphone deh. Biar nggak mengganggu dia.

Siapa tahu teman kita nggak suka genre musik yang kita dengarkan. Teman-teman bisa cari aplikasi pemutar suara di website GadgetPro.id ya.

Lebih lengkapnya, kira-kira begini nih manfaat dengerin musik ketika kita sedang belajar.

Bacaan Menarik Lainnya:

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar

1. Meningkatkan Memori

Saat mendengarkan musik, pernah nggak kita mengingat kenangan atau bernostalgia? Soalnya ada lho studi di Amerika Serikat dan Jepang tentang ini.

Berdasarkan hasil studi tersebut, musik bisa membantu kita untuk mengingat kenangan atau nostalgia dan mempelajari hal-hal yang baru.

Katanya, irama dan melodi yang mengalun bisa mengaktifkan area otak yang ada kaitannya dengan memori. Sehingga, belajar sambil dengarin musik bisa membantu kita dalam menyerap dan merekam informasi.

2. Memunculkan Kreativitas

Kebanyakan dari kita mungkin akan lebih suka kalau mendengarkan musik dengan genre yang kita sukai. Misal, kayak aku yang suka reggae akan lebih suka mendengarkan lagu-lagunya Steven and Coconut Treez.

Tapi, pernah nggak kita mencoba untuk melompat pagar? Mendengarkan musik bukan dari genre yang kita sukai.

Aku tahu sih. Emang bakal nggak asyik. Karena kita nggak terbiasa dengan irama dan melodi yang terdengar.

Hanya saja, kita bisa merasakan manfaat lain lho. Mendengarkan musik yang berbeda tuh bisa menantang otak kita untuk melakukan hal baru. Sehingga, mudah bagi kita untuk memunculkan kreativitas. Semacam itu.

3. Tingkatkan Fokus

Mendengarkan Musik Bisa Meningkatkan Fokus

Kadang aku menyadari. Sistem fokus yang otak kita punya tuh terbagi dalam dua hal, yaitu fokus pada hal yang kita sadari dan yang nggak kita sadari.

Contohnya, hal yang kita sadari bisa berupa suara musik. Sedangkan hal yang nggak kita sadari adalah suara bising atau suara gangguan lainnya yang ada di sekitar kita.

Lalu saat kita mendengarkan musik, kita akan berusaha mengarahkan otak untuk fokus pada suara yang menyenangkan. Hasilnya belajar pun jadi lebih fokus.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Munculkan Motivasi Belajar

Saat aku sedang sedih (entah karena apa?), biasanya aku akan mendengarkan lagu dengan musik up beat.

Hal ini bisa membuat perasaanku menjadi lebih baik. Lebih bersemangat untuk kembali baik-baik saja. Lantas bisa kembali melakukan pekerjaan atau aktivitas yang sempat tertunda.

Atas dasar inilah, kupikir mendengarkan musik juga bisa memberikan hal yang sama. Yaitu motivasi untuk belajar lebih giat lagi.

Soal genre atau jenis musiknya bisa kita pilih sesuai dengan selera. Cuma, kalau aku boleh menyarankan lebih baik pilih musik yang berupa instrumen saja.

Hindari musik-musik yang ada lirik lagunya. Karena nantinya kita malah fokus untuk bernyanyi ketimbang fokus dengan bahan bacaan. Hehehe….

5. Bisa Kurangi Stres

Apa sih yang bikin pelajar stres? Kalau boleh kubilang ya dulu stresku berasal dari banyaknya tugas yang ada. Mana kadang tugasnya sulit untuk kuselesaikan pula.

Dalam hal ini, aku pernah baca hasil studi yang objeknya adalah kelompok sukarelawan yang seolah punya banyak tugas. Mereka harus mengerjakan semua tugasnya sambil mendengarkan musik yang menenangkan.

Tahu nggak apa hasilnya?

Para sukarelawan itu mengaku bisa mengerjakan semua tugasnya dengan lebih tenang. Karena memang ada beberapa jenis musik yang memberikan efek begitu.

Musik-musik ini mampu merangsang hormon yang bisa mengurangi rasa cemas saat belajar atau mengerjakan sesuatu. Contoh musiknya bisa berupa suara-suara alam kayak gemericik air dan lain-lain.

6. Tingkatkan Pemikiran Kognitif

Apa itu pemikiran kognitif?

Pemikiran kognitif merupakan salah satu proses berpikir di mana kita akan menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu peristiwa atau kejadian.

Ada jenis musik tertentu yang bisa membantu kita untuk mendorong fungsi kognitif otak lho. Misalnya musik klasik atau suara-suara alam.

Dengan mendengarkan musik klasik saat belajar akan membuat kita mengingat angka, prinsip matematika dan penalaran dengan mudah.

Atau musik dari suara-suara alam bisa membuat kita lebih konsentrasi saat memikirkan hal-hal yang serius.

Bacaan Menarik Lainnya:

Sudah Rasakan Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar

Jadi, gimana nih? Teman-teman sukanya belajar tanpa ada suara apapun atau sambil mendengarkan musik?

Kalau aku memang sejak jaman sekolah memang lebih suka mendengarkan musik saat melakukan aktivitas apapun. Termasuk saat belajar.

Rasanya belajar nggak akan terasa membosankan. Plus banyak juga ya manfaat mendengarkan musik saat belajar.

Sedikit banyak, kupikir aku sudah merasakan beberapa dari manfaat-manfaat yang tersebut tadi. Kayak aku bisa lebih fokus, mengerjakan tugas dengan lebih tenang dan lain-lain.

Coba deh Teman-teman juga belajarnya sambil mendengarkan musik. Boleh musik apa saja tergantung selera kalian.

Kalau belum punya aplikasi pemutar musiknya. Teman-teman bisa download Spotify Mod APK lho. Atau pake aplikasi lain sebangsa Youtube Music, Resso, Joox Music, MP3 Player dan lain-lain. Banyak kok di Google Play Store.

Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:

9 pemikiran pada “6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar, Apa Saja?”

  1. Mendengarkan musik tuh hobiku dulu waktu SMP-SMA, Kak. Sambil belajar biasanya memang jadi lebih rileks. Sayangnya, sekarang banyak orang kalau lagi baper atau sedih yang didengerin justru musik-musik melow, bikin mereka tambah depresi. Harusnya dengernya musik up beat biar lebih semangat, yaa ….

    Balas
  2. Saya sampai sekarang, kalau sedang buka laptop, entah menulis atau blogwalking, itu sambil dengarkan musik dari youtube, Mbak.
    Kalau dulu, saya belajar pun dengarkan musik lewat radio. terus sampai menjelang tidur hahaha. Dulu itu pas jam belajar saya, ada kirim-kirim salam, kayak Kamu meminta, kami memutarkan hahaha. Kalau pas minggu, dengarnya tangga-tangga lagu.

    Balas
  3. Laaah aku pikirbelajar sambil dengerin musik itu justru bikin fokus berkurang karena kita harus melakukan 2 hal dalam waktu bersamaan. tapi ternyata malah banyak manfaatnya ya..kalau gitu, bisa nanti aku mau dengerin kayak calming music sambil ngeblog biar otak makin encer yah Mbaaa

    Balas
  4. Aku kalau mendengarkan musik malah jadi ingat masa lalu, jadi wisata masa lalu deh..heheh
    Tapi, dari musik juga jadi punya ide2 untuk berkarya sih. Dan aku kalau kerja ataupun belajar juga suka dengerin musik.

    Balas
  5. Aku nih kalo lagi kerja nggak jarang selalu ditemani sama musik. Kalo pas santai atau pengen rebahan tapi nggak tidur ya dengerin Podcast di Spotify juga. Andalan sih aplikasi satu ini buat bersibuk ria atau pas santai.

    Balas
  6. Kak, kalo download APK Mod Spotify, bakalan ada iklannya juga gak?
    Aku sejujurnya lagi seneng banget dengerin musik di Spotify, karena masing-masing member NCT kini punya channel sendiri yang bisa di follow dan ikutan dengerin bareng playlist lagu yang sedang dengerin.
    Tapi kalo ada iklannya, suka ake refresh, hehhe.. masih pake yang versi gratisan.
    Tapi overall, aku memang suka banget kalau sedih, seneng, sebel, gimanapun keadannya buat naikin mood aku, biasanya dengerin musik.

    Balas
  7. Waah, aku juga nih, dari SMP dulu kalau belajar harus dengerin musik. Genrenya bebas yang penting sesuai mood. Dan kebiasaan ini terbawa sampai sekarang. Kalau kerja, harus ada musik biar bisa fokus

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.